Yuuk Hargai arti Brand & Komunikasinya !!

By June 26, 2008 EvenT N SeMinaR

Orang Indonesia itu masih kurang bisa menghargai Kreatifitas/proses dan apa yang namanya “BRAND” !!” begitu komentar Subiakto Priosoedarsono (Pak Bi ) Biang & Pakar periklanan Indonesia, Founder sekaligus pemilik Advertising Lokal papan atas HOTLINE ADVERTISING pada acara LOKAKARYA “PEKAN PRODUK BUDAYA INDONESIA Kamis 5 Juni 2008 di JCC. Sehingga sampai saat ini Kreativitas kurang mendapatkan penghargaan yang layak di Indonesia. Padahal nilai suatu kreativitas itu sangat mahal dan tidak ternilai harganya.

Pada paparan selanjutnya, Pak Bi mengungkap “Periklanan Brand” bermula dari usaha kecil menengah atau UKM plus brand yang hasilnya sama dengan business. Selanjutnya, brand itu plus franchise menghasilkan scale. Value creation ini menurut Pak Bi dalam penjelasannya bahwa Brand without Value will remain as a name. That’s why we have to create value to the name to be come Brand.Tentang brand ini meliputi brand DNA, brand architecture, brand essence, brand value.

Pertanyaan mengenai ruwetnya kajian suatu iklan menuju pada brand yang baik, langsung dijawab oleh Pak Biakto “Memang ruwet ..makanya saya punya seorang AE akhirnya memutuskan beralih buat Brand sendiri dan menjual product yang namanya Klenger Burger!”.

Hmmm…lalu apa kaitannya liputan di atas dengan Brand Klenger Burger..?? Nahhh..ternyata..Ibu Velly yang hadir memenuhi Undangan dari Pak Bi, pada moment ini dimintakan sharingnya bagaimana cerita singkatnya dari seorang praktisi periklanan yang kemudian akhirnya membuat product & Brand sendiri.

Klenger Burger tanpa adanya value/soul, maka hanya akan berupa nama biasa saja. Tapi dengan sentuhan value maka itu menjadi Big Idea yang memiliki Content atau Makna/isi. Bukan hanya cangkang tanpa jiwa.

Intinya yang harus dibangun oleh para UKM di Indonesia adalah tidak hanya ilmu cara membuat product saja tapi harus memiliki ilmu periklanan sehingga bisa membuat not just a Brand tapi Brand with Soul yang bisa diterima oleh masyarakat.

Klenger Burger adalah salah satu contoh Brand Lokal yang dinilai berhasil dan memiliki nilai/value Brand yang saat ini mendapat hati di kalangan masyarakat (ceile..tersanjung dehh..).

Selain Pak Bi, narasumber lain pada sesi ini ialah Profesor Doktor Insan Budi Maulana, S.H., LL.M. dari Direktorat HKI Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Drs. Freddy H. Tulung MUA dari Direktorat Jenderal Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Hery Margono dari Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia, Ricky Pesik dari Satucitra Advertising, dan I Ketut Martana dari Dekan Periklanan Bina Sarana Informatika Jakarta. Doktor Sumbo Tinarbuko, M.Sn. yang bertindak sebagai moderator.

LOKAKARYA ini semoga dapat membuka mata semua pengusaha kecil/lokal untuk sadar akan pentingnya periklanan/Proses pembentukan Brand.
Wah kalau semua UKM sadar Brand & Periklanan..pasti Dunia Bisnis Indonesia akan semakin kuat dengan ditunjangnya perekonomian oleh para entrepreneur Indonesia. Hmm..semoga saja…Yuuk..kita doakan semoga Indonesia bisa menjadi lebih baik dimasa mendatang. Amin…

Cheers,

KB
Klengerburger all rights reserved 2006

Leave a Reply